ASUS ROG Zephyrus Duo 15, Laptop Gaming Dual Layar

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 menjadi laptop yang pertama di dunia yang memiliki dual screen atau layar. ASUS ROG Zephyrus ini memang sengaja berkonsep seperti itu, karena didesain untuk kebutuhan bermain game.

Sebelumnya, pabrikan elektronik asal Taiwan ini juga mengeluarkan laptop ZenBook Pro Duo tahun 2019 lalu.

Sedangkan April tahun ini ASUS mengeluarkan seri ROG Zephyrus Duo 15, dengan sejumlah peningkatan dan pembaruan yang lebih baik.

ASUS ROG Zephyrus Duo 15

Untuk laptop dengan seri ZenBook lebih fokus pada powerful, karena korelasinya dengan berhubungan dengan mesin produktivitas.

Sedangkan seri ROG Zephyrus termasuk ASUS ROG Zephyrus Duo 15 yang baru dirilis, sejak pertama dirilis sudah difokuskan untuk laptop gaming.

Sementara untuk dipasangnya layar tambahan, maka pengguna bisa memakainya untuk hal lain selain bermain game.

Layar ASUS ROG Zephyrus Duo 15

Untuk layar utama dari laptop besutan ASUS seri ini memiliki ukuran 15,6 inci. Layar dengan nama ScreenPad Plus itu beresolusi 3840 x 2160 piksel atau 4K.

Selain itu, layar utamanya yang touchsreen atau layar sentuh ini memakai panel IPS 60 Hz.

Sedangkan layar sekundernya atau ScreenPad yang dipasang di antara layar utama dan keyboard ini berukuran 14,1 inci.

ScreenPad layar sentuh tersebut beresolusi 3840 x 1100 piksel, dengan refresh rate 60Hz, serta mendukung input sentuhan.

Ketika layar kedua dari laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15 ini dipakai atau dibuka, maka akan terangkat kurang lebih 13 derajat, sehingga nyaman dipandang dan mudah dipakai.

Dengan mekanisma atau sistem kerjanya seperti itu, maka bisa memberikan rongga udara ekstra untuk pendingin yang lebih maksimal, atau nama lainnya Active Aerodynamic System Plus.

Layar utama yang UHD atau 4K ini cakupannya 100 % Adobe RGB, yang sengaja ditujukan untuk para kreator konten profesional atau desainer.

Sementara buat para pengguna yang hobi game, perusahaan asal Taiwan ini juga menyediakan layar IPS full HD.

Layarnya itu juga sudah didukung refresh rate sampai 300Hz yang response time-nya 3 milidetik.

Mesin

Performa ASUS ROG Zephyrus Duo 15 digerakkan oleh mesin berprosesor Intel Core i9-10980HK.

Prosesor 10th Gen Intel Core i9 yang masih dalam keluarga Comet Lake itu, memiliki konfigurasi 8 core dengan 16 thread serta untuk setelan turbonya sanggup melaju sampai 5,3GHz.

Selain diklaim memakai layar dua, laptop game terbaru dari ASUS juga pertama memakai GPU atau grafis NVIDIA RTX 2080 Super.

Grafis tersebut mempunyai VRAM sebesar 8 GB GDDR6, yang diklaim ASUS performanya jauh lebih bertenaga ketimbang GTX 1080.

Sedangkan sebagai pendukung performa atau kinerja, pada laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15 juga dipasang RAM berkapasitas 32 GB DDR4 (3,2GHz).

Akan tetapi, jika dirasa kurang besar maka bisa ditambahkan lagi sampai maksimalnya 48 GB.

Sementara ruang penyimpanan atau hardisk ROG Zephyrus Duo 15 berkapasitas 2 TB SSD, bertipe NVM Express PCle serta sudah didukung konfigurasi RAID 0.

Spesifikasi Lainnya

Laptop terbaru ASUS ROG Zephyrus Duo 15 memiliki dimensi yang tipis dengan ukuran 36 x 26,8 x 2 cm dengan bobot hanya 2,4 kg.

Sedangkan untuk bodinya terbuat dari bahan magnesium serta material aluminium. Untuk baterainya berkapasitas 90 Wh.

Pengguna juga dapat mengisi ulang laptop ASUS ini dengan melalui USB Type-C, yang sudah didukung Thunderbolt 3 serta Power Delivery.

Sementara untuk port konektivitas lainnya tersedia WiFi versi 6, Bluetooth 5.0, audio jack 3,5 mm, RJ45, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, USB 3.2 Gen 2 Type-A, USB 3.2 Gen 2 Type-C sampai HDMI 2.0b.

Di bagian audio laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15 memiliki 2 x 4W speakers dengan teknologi Smart AMP ESS.

Sistem operasi atau OS menggunakan Windows 10 Home, Windows 10 Pro. Namun sesuai dengan rekomendasi dari ASUS adalah OS Windows 10 Pro.

Sedangkan game yang bisa dimainkan dengan memakai layar sekunder antara lain, Fortnite, League of Legends, sampai Counter Strike: Global Offensive.

ROG Zephyrus Duo 15 sendiri sudah bisa dipesan di Amerika Serikat yang dimulai Mei 2020. Namun tidak tahu kapan akan hadir ke Indonesia.

Sedangkan harga ROG Zephyrus Duo 15, untuk varian termurah dengan prosesorĀ  Intel Core i7-10875H, RAM 32 GB dan HDD 2 TB dijual USD 3.000 atau kurang lebih Rp 49 jutaan.

Sedangkan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 termahal dengan spek CPU Intel Core i9-10980HK, grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 Super, RAM 32 GB, HDD 2 TB, dibanderol USD 3.700 atau kisaran Rp 61 jutaan.